EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Keywords:
pembelajaran, ipa, smp, pjbl, berpikir kritisAbstract
Pembelajaran dengan metode project based learning (PjBL) ialah pembelajaran yang menekankan keterlibatan siswa dalam proyek nyata dan mendorong siswa untuk melakukan penyelidikan mendalam guna memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Model ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa karena siswa terlibat dalam proyek yang diharuskan untuk menyelidiki utun dapat memecahkan masalah yang ada. Dengan metode kajian literatur sistematik, penelitian ini menganalisis 20 artikel ilmiah dari jurnal nasional dan internasional yang relevan. Hasil menunjukan bahwa metode pembelajaran project based learning (PjBL) efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa hingga 80%. Metode ini mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam proyek nyata, memperkuat keterampilan berpikir kritis, kreatifitas, kolaborasi, dan komunikasi. Meskipun terdapat beberapa kendala dalam penerapannya, metode pembelajaran project based learning (PjBL) sangat direkomendasikan sebagai metode pembelajaran yang mampu memenuhi tantangan pendidikan di abad ke-21.
References
Afriana, J. (2015). Project based learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Aini, S. N., Pramasdyahsari, A. S., & Setyawati, R. D. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Berpikir Kritis Matematis Berbasis PjBL STEM Menggunakan Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 2118-2126.
Allanta, T. R., & Puspita, L. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik: Dampak PjBL-STEM pada materi ekosistem. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(2), 158-170.
Akhzami, R. R. A., Ramdani, A., & Jamaluddin, J. (2024). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Model PjBL dengan Pendekatan STEAM Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, dan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2298-2302.
Anjani, S., Syarif, M. I., Susanti, H., & Sulaimon, J. T. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Listrik Dinamis. Journal of Natural Sciences Learning, 2(2), 30-37.
Ansya, Y. A. U., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.
Ardiyansah, E., Rinto, R., & Fatnah, N. (2024). Pengaruh Model PjBL-STEM Menggunakan Algodoo terhadap Pembelajaran IPA dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Berpikir Kreatif. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 13(2), 160-167.
Daniel, F. (2017). kemampuan berpikir kritis siswa pada implementasi Project Based Learning (PJBL) berpendekatan saintifik. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 7-13.
Diana, H. A., & Saputri, V. (2021). Model project based learning terintegrasi STEAM terhadap kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir kritis siswa berbasis soal numerasi. Numeracy, 8(2), 113-127.
Dirgantoro, A. (2016). Peran pendidikan dalam membentuk karakter bangsa menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1).
Fadhilatunnisa, N., & Sudarti, S. (2022). Analisis Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran STEM dan PjBL dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 810-814.
Fazila, N., Mirunnisa, M., & Saputra, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.
Fitriyani, A., Toto, T., & Erlin, E. (2020). Implementasi model PjBL-STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 1-6.
Harun, L., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 180-190.
Ibrahim, M. B., Sari, F. P., Kharisma, L. P. I., Kertati, I., Artawan, P., Sudipa, I. G. I., ... & Lolang, E. (2023). Metode Penelitian Berbagai Bidang Keilmuan (Panduan & Referensi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Juista, I. R. (2021). Implementasi Aktivitas Belajar Siswa Dalam Menggunakan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Sekolah Dasar Negeri 2 Pasar Manna Bengkulu Selatan. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Ladies, A. D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Di SMPN 13 Bandarlampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Lailatunnahar, T. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi Covid 19 pada Siswa Kelas VII. 1 di SMP Negeri Binaan Khusus Kota Dumai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1084-1094.
Nirwana, A., & Wilujeng, I. (2021). Pengaruh pembelajaran IPA model Problem Based Learning berbantuan diagram VEE terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 8-15.
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778-27787.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Pusvita, Y., & Sumardi, H. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kota Bengkulu. Jurnal Math-UMB. EDU, 11(2), 137-143.
Rahardhian, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Pjbl Berbasis Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 1-9.
Rianto, P. A. M., Putra, P. D. A., & Ridlo, Z. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL dengan Pendekatan Engineering Design Process pada Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1087-1094.
Riti, Y. U. R., Degeng, I. N. S., & Sulton, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Menerapkan Metode Design Thinking untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran Kimia (Doctoral dissertation, State University of Malang).
Rusminiati, N. N., KARYASA, D. R. N. I. W., SUARDANA, D. I. N., & Si, M. (2015). Komparasi Peningkatan Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Antara Yang Dibelajarkan Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Discovery Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 5(2).
Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608-2617.
Rosmaya, I. A., Wahyuni, S., Juwandoko, J., Rianto, P. A. M., Salsabila, A., & Huda, D. N. (2024). Penerapan Model Project Based Learning Pada Struktur Dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Eduproxima (Jurnal Ilmiah Pendidikan Ipa), 6(2), 609-616.
Samin, E. K., Naen, A. B., & Dewa, E. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Peserta Didik Pada Materi Tata Surya di Kelas VII SMP Negeri 2 Amarasi Satap. MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(2), 116-123.
Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif. Indigo Media.
Sri Anjarwati, S. E., Ak, M., Andriya Risdwiyanto, S. E., Asep Deni, M. M., Lies Hendrawan, K., SE, M., ... & Muhammad Iryanto, S. Ε. (2024). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF. CV Rey Media Grafika.
Sofyana, N., & Yelianti, U. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Negeri 1 Tungkal Ulu Pada Materi Bioteknologi Melalui Model Project Based Learning. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 127-138.
Syifa, A., & Ridwan, A. (2024). Pendidikan Karakter Islami Di Era Digital: Tantangan Dan Solusi Berdasarkan Pemikiran Sosial Imam Al-Ghazali. Social Studies In Education, 2(2), 107-122.
Trimawati, K., Kirana, T., & Raharjo, R. (2020). Pengembangan instrumen penilaian ipa terpadu dalam pembelajaran model project based learning (pjbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa smp. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 36
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agung Prapsetyo, Aisyaningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.