REFORMASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITALISASI

Authors

  • Budiyanto Akademi Militer Magelang Indonesia
  • Ahmad Taufik Akademi Militer Magelang Indonesia

Keywords:

e-government , digitalisasi, pelayanan publik

Abstract

Pemerintahan di seluruh dunia dihadapkan pada tantangan transformasi dan kebutuhan untuk mengubah sistem pemerintahan agar dapat memberikan layanan, informasi dan pengetahuan yang efisien dan hemat biaya melalui teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadi katalisator dan mengarah pada e-governance. E- Government mengacu pada penggunaan teknologi pemerintahan, khususnya aplikasi berbasis web (web-based Internet application), untuk meningkatkan ketersediaan dan penyampaian informasi dan layanan publik kepada warga negara, mitra bisnis, pegawai, lembaga lain, dan pemerintah. unit. . Tujuan penelitian ini adalah menganalisis reformasi pelayanan publik yang berbasis digitalisasi melalui literatur. Penelitian ini menggunakan metode SLR dengan mengumpulkan data dari Google Scholar pada tahun 2018 hingga 2024. Hasil analisis dari beberapa tinjauan literatur yaitu Pemanfaatan e-governance menciptakan kinerja yang maksimal sehingga seluruh urusan pemerintahan dapat berjalan efisien dan efektif. Fokus utamanya adalah meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan administrasi di berbagai bidang kehidupan negara, misalnya meningkatkan transparansi, pengendalian dan tanggung jawab administrasi. Hal ini juga berdampak pada transparansi segala bentuk pekerjaan pejabat publik.

 

 

References

Anjani, A., & Malawat, S. H. (2023). E-Government sebagai Bentuk Inovasi Pemerintah Daerah untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 6(2), 165–170. https://doi.org/10.31334/transparansi.v6i2.3416

Arief, V. (2023). E-Government di Asia Tenggara: Perbandingan Pengembangan E- Government di Singapura, Malaysia dan Indonesia. Social Issues Quarterly, 1(2), 345– 362.

Ashari, A., & Sallu, S. (2023). Digitalisasi Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Remik, 7(1), 342–351. https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.11984

Azfirmawarman, D., & Syamsir. (2024). Penerapan E-Government Dalam Reformasi Sistem Pelayanan. 6, 146–157.

Bao, B., Ayomi, H. V., Bakri, H., & Ndibau, P. (2023). Penerapan E-Government dalam Pelayanan Publik di Kota Jayapura. Journal on Education, 5(2), 4147–4157. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1113

Basyo, I., & Anirwan, A. (2023). Pelayanan Publik Era Digital: Studi Literatur. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 4(1), 23–31. ttps://doi.org/10.51577/ijipublication. v4i1.477

Fang, Z., & Ph, D. (2002). E-Government in Digital Era : Concept , Practice , and Development. 10(2), 1–22.

Firdaus, I. T., Tursina, M. D., & Roziqin, A. (2021). Transformasi Birokrasi Digital Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mewujudkan Digitalisasi Pemeritahan Indonesia dalam studi “ The Microsoft Asia Digital Transformation : Enabling The Intelligent Presiden Joko Widodo pada Rapat Terbatas mengenai Perencanaan Tr. 4(2), 226–239.

Hendrian, H., Suparno, S., Wahono, P., & Handaru, A. W. (2024). Peran Penerapan E- Government Terhadap Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik pada Instansi Pemerintah. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3309–3316. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1279

Downloads

Published

2025-04-03

How to Cite

Budiyanto, & Taufik, A. (2025). REFORMASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITALISASI. JURNAL DWIJA KUSUMA, 13(1), 11–18. Retrieved from https://ojs.akmil.ac.id/index.php/administrsipertahanan/article/view/297

Issue

Section

MARET 2025