PENINGKATAN SISTEM PERTAHANAN WILAYAH MELALUI SKEMA KEMASYARAKATAN

Authors

  • Budi Mawardi Syam Akademi Militer Magelang
  • Ahmad Yani Akademi Militer Magelang
  • Agung Prapsetyo Akademi Militer
  • Irawan Agung Wibowo Akademi Militer Magelang
  • Aditiawan Wisnu Susilo Putro Akademi Militer Magelang
  • Muhammad Al Faroqi Akademi Militer Magelang
  • Muhammad Zain Triputra Akademi Militer Magelang

Abstract

Selaras dengan Visi dan Misi Prodi Teknik Sipil Pertahanan Akademi Militer untuk mewujudkan Perwira yang memiliki kompetensi, mampu mengembangkan diri, dicintai dan mencintai rakyat serta sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Bab I pasal 3 ayat (2) d Standar Nasional Pendidikan Tinggi wajib dijadikan dasar penyelenggaraan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan pengabdian ini bersifat aplikasi lapangan dan dituangkan dalam penulisan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Tujuan kegiatan pada skema kemasyarakatan kali ini meliputi membentuk/mengembangkan sekelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi dan sosial, membantu menciptakan ketentraman, dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat dan meningkatkan keterampilan konstruksi (hardskill). Sasaran kegiatan fisik dan nonfisik konstruksi yang meliputi perbaikan jalan dan saluran warga, pengecatan dinding, perbaikan lantai teras dan perbaikan instalasi air bersih pos keamanan warga serta penanaman pohon dan pembagian sembako telah dilaksanakan secara tepat guna dan memberikan manfaat bagi sektor infrastruktur pedesaan serta pengetahuan dalam peningkatan sumber daya setempat melalui skema kegiatan kemasyarakatan guna mendukung sistem pertahanan kewilayahan.

References

Direktorat Perluasan dan Pengelolaan Lahan. 2013. Pedoman Teknis Pengembangan Jalan Pertanian. Dirjen Prasarana dan Sarana. Kementrian Pertanian. Jakarta.

Dirjendikti Riset dan Teknologi. 2021. Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Edisi XIII Revisi tahun 2021. Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Jakarta.

Kep Panglima TNI No Kep/1024/XII/2020, Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi, Jakarta.

Permendikbud RI Nomor 3 Tahun 2020, Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Jakarta.

Permen PUPR RI Nomor 5 Tahun 2021, Petunjuk Operasional Pengelolaan Dana Alokasi Khusus Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat TA 2021, Jakarta.

Tim PKM Prodi Teknik Sipil Pertahanan. 2022. Laporan Kegiatan PKM Prodi teknik Sipil Pertahanan di Desa Tempuran Kecamatan Temanggung Kabupaten Magelang. Magelang.

Untung, C. 2014. Jaringan Jalan Pada Kawasan Strategis Produksi Pangan. Pusat Jalan dan Jembatan. Kementrian Pekerjaan Umum.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Budi Mawardi Syam, Ahmad Yani, Prapsetyo, A., Irawan Agung Wibowo, Aditiawan Wisnu Susilo Putro, Muhammad Al Faroqi, & Muhammad Zain Triputra. (2023). PENINGKATAN SISTEM PERTAHANAN WILAYAH MELALUI SKEMA KEMASYARAKATAN. JURNAL NAGARA BHAKTI, 2(1), 42–50. Retrieved from https://ojs.akmil.ac.id/index.php/nagarabhakti/article/view/113

Issue

Section

AGUSTUS 2023