Peran Internet Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Taruna Darat Di Akademi Militer Magelang
DOI:
https://doi.org/10.63824/jtep.v12i2.332Keywords:
Penggunaan internet, Prestasi belajar taruna, Akademi Militer MagelangAbstract
Dinamika perkembangan global berbasis teknologi digital turut mempengaruhi para pelaku kegiatan di berbagai sektor. Tidak terkecuali pada dunia Pendidikan, penggunaan teknologi informasi telah menjadi bagian dalam kegiatan sehari-hari. Di Lembaga Pendidikan Akademi Militer sejak tahun 2018 telah menerapkan penggunaan program jaringan fiber optic dari komando atas. Selanjutnya para peserta didik dapat menggunakan fasilitas tersebut termasuk akses internet. Pada pelaksanaannya penggunaan internet bertujuan untuk memfasilitasi para taruna dalam mengakses ilmu pengetahuan dan informasi lainnya yang dibutuhkan dalam menunjang proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penggunaan internet oleh Taruna Darat di Lembaga PendidikanAkademi Militer, dan (2) untuk mengetahui persepsi Taruna tentang peran internet dalam menunjang pembentukan Tripola Dasar taruna Akademi Militer. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Objek penelitian adalah peran internet dalam peningkatan prestasi belajar Taruna Darat Akademi Militer. Subjek yang diteliti pada penelitian ini adalah mahasiswa/Taruna Akademi Militer tingkat III/Madya.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Taruna Akademi Militer. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 150 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Analisis data penelitian dilakukan melalui analisis deskriptif dan analisis tabulasi silang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan internet dan media social oleh taruna darat memiliki pengaruh yang signifikan terhadappembentukan Tripola Dasar terutama pada aspek Ilmu Pengetahuan & Ketrampilan dan aspek Kepribadian. Secara parsial, hasil dari penggunaan waktu dalam mengakses internet dan media social dapat meningkatkan nilai-nilai; kedisiplinan, kemandirian, kreatifitas dan keberanian berpendapat. Hasil analisa tabel silang menunjukkan bahwa 97,3 % ilmu pengetahuan taruna meningkat dengan penggunaan akses internet. Yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar Taruna Darat.
References
Abdullah, F. (2019). Fenomena Digital Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, 4(1), 47–58. https://doi.org/10.25105/jdd.v4i1.4560.
Azhari, H. (2019). Analisis Kebijakan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan. Journal for Islamic Studies, 2(1), 209–212. https://doi.org/10.5281/zenodo.3554210.
Bayu, D.J. (2021). Jumlah Pengguna Media Sosial di Dunia Capai 4,2 Miliar. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/18/jumlah-pengguna-media-sosial-di-dunia-capai-42-miliar.
Bunahri, R. R., Engineering, A. E., Hermawan, H. D., Education, I. E., & Surakarta, U. M. (2021). The Use of Information Technology in Semi-Military Education Systems : Problems and Challenges. 601(Icet), 170–175.
Creswell, J.W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gani, A. G. (2014). Pengenalan Teknologi Internet Serta Dampaknya. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 2(2). https://doi.org/10.35968/jsi.v2i2.49.
Ghozali, I. (2016). Ekonometrika; Teori Konsep dan Aplikasi dengan SPSS IBM 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gujarati, D.N., & Dawn C. P. (2012). Econometrics. New York: Mc Graw Hill Inc.
Haag & Keen. (2010). Information Technology: Tomorrow's Advantage Today, Mcgraw-Hill College.
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.
Irfan, M., MP, A. D., Armyanto, N. G., Rifqi, R. M., Azka, S. N., & Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh Disruptive Innovation terhadap Pendidikan Di Akademi Militer pada Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 3(November), 279–290. https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.157.
Jones, S. (2010). Doing Internet Research. California: Sage Publications.
Komarudin, K. (2020). Perbandingan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Pilihan Jurusan di Lembaga Pendidikan Militer. Biokultur. 9(1), 32–47.
Kusnandar, V.B. (2021). Pengguna Internet Indonesia Peringkat ke-3 Terbanyak di Asia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/14/pengguna-internet-indonesia-peringkat-ke-3-terbanyak-di-asia.
Kominfo. 2022. Kemkominfo: Pengguna Internet di Indonesia Capai 82 Juta. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker.
Lievrouw, Leah A. & Livingstone, S. (2012). Handbook of New Media. Washington DC: Sage Publications Ltd.
Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
McQuail, D. (2012). Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Salemba Humanika.
McQuail, D. (2015). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga.
Nasution, R.D. (2017). Effect of the Development of Communication Information Technology on Local Cultural Existence - Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi terhadap Eksistensi Budaya Lokal. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 21(1), 123858. http://eprints.umpo.ac.id/5056/1/%28artikel%29 Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Eksistensi Budaya Lokal.pdf
Nurcahyo, H. (2011). Diktat Bioteknologi. Universitas Negeri Yogyakarta, 1–121. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Diaktat Bioteknologi.pdf.
Purba, M. A. dan A. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. SNISTEK 3 25 Septemner 2020, September, 1–6. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/3621-Article Text-11985-1-10-20210127.pdf.
Santoso, S. (2017). Metode Penelitian. Jakarta: Elek Media Komputindo.
Sekaran, U., & Bougie. (2013). Research Methods For Business: A Skill Building Approach. New Delhi: Sharda Ofsett Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
We Are Social. (2019). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2019.https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2019/.
Latham. (2013) John Latam. Qualitative Sample Size – How Many Participants is Enough?
Sugiyanto. (2013) Prestasi Akademik Merupakan Hasil Perubahan Perilaku Yang Meliputi Ranah Kognitif, Afektif & Psikomotor Yang Merupakan Ukuran Keberhasilan Siswa.
Simanjuntak, W.B.P. & Siahaan, S. (2003). Studi eksperimen tentang pemanfaatan internet untuk kegiatan belajar remedial di Sekolah Menengah Umum di Jakarta.
Sapuat. 2012. Hubungan Antara Kualitas Tidur Dengan Perubahan Tekanan Darah Pada Remaja Di SMK PGRI 3 Malang. Jurnal Keperawatan Care Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
Keputusan Kasad Nomor Kep/762/X/2020 tanggal 6 Oktober 2020 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Binsisfo Di Lingkungan TNI AD
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Prastya Noerdian, Pande Made Kutanegara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.