Integrasi Aplikasi Mobile Edukasi Gizi Bayi Sebagai Inovasi Teknologi Edukasi Dalam Sistem Informasi Gizi Untuk Mendukung Ketahanan Nasional
DOI:
https://doi.org/10.63824/jtep.v12i2.320Keywords:
Aplikasi Mobile, Edukasi Gizi, Inovasi Teknologi Kesehatan, Ketahanan NasionalAbstract
Permasalahan gizi pada bayi terutama stunting masih menjadi tantangan serius di Indonesia. Meskipun prevalensi stunting nasional menurun dari 21,5% pada tahun 2023 menjadi 19,8% pada tahun 2024, angka ini masih di atas ambang batas yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu di bawah 20%, dan mencerminkan bahwa upaya penanganan stunting masih perlu diperkuat secara berkelanjutan dan strategis. Rendahnya literasi gizi di kalangan orang tua menjadi salah satu penyebab utama. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi mobile edukasi gizi bayi sebagai upaya inovatif dalam mendukung ketahanan nasional. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan analisis permasalahan, analisis kebutuhan, pengembangan aplikasi, dan pengujian menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian menunjukkan skor SUS rata-rata sebesar 89 yang termasuk kategori excellent, menandakan bahwa aplikasi mudah digunakan dan dipahami oleh pengguna. Aplikasi ini menyajikan informasi gizi secara jelas, ringkas, dan fungsional, sehingga dapat membantu orang tua dalam memenuhi kebutuhan gizi bayi secara optimal serta berkontribusi pada percepatan penurunan stunting dan penguatan ketahanan nasional.
References
Abdi Gunawan Halawa, Johnson Pasaribu, A. L. T. (2025). Inovasi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Menurunkan Angka Kemiskinan DI Kabupaten Nias barat. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 12(2), 60–71.
Akbar, M. I. (2025). Desain User Interface(Ui) Dan User Experience(Ux) Aplikasi Siakad Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat Dengan Metode Design Thinking. Jurnal Inovasi Dan Kolaborasi Nusantara, 06(1), 9–27. https://ejurnals.com/ojs/index.php/jikn
Arjiansa, R. R., & Sutabri, T. (2023). Pengukuran Tingkat Kemudahan Pegawai Terhadap Penggunaan Layanan Aplikasi SIMRS Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Pada Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(2), 115–120. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i2.132
Armelin Yudianti, Rafif Sakti Utama, R. F. S. H. W. (2023). Digitalisasi Desa Berbasis Aplikasi “Simpeldesa”: Inovasi Dalam. TheJournalish: Social and Government, 4(5), 73–92. http://thejournalish.com/ojs/index.php/thejournalish/DOI:https://doi.org/10.55314/tsg.v4i5.601Hal.73-92
Aulia, B. W., Rizki, M., Prindiyana, P., & Surgana, S. (2023). Peran Krusial Jaringan Komputer dan Basis Data dalam Era Digital. JUSTINFO | Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 1(1), 9–20. https://doi.org/10.33197/justinfo.vol1.iss1.2023.1253
Billy Muahmmad Duta, S. N. (2025). REDESIGN WEBSITE PENERIMAAN MAHASISWA BARU DENGAN MENGGUNAKAN DESIGN THINKING STUDI KASUS : UNIVERSITAS TRILOGI Muhammad Duta Billy 1) , Nina Sariana 2). Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 7(1), 336–349.
Colarika, S., & Zahro, F. A. (2023). Konsep Dasar Dalam Sistem Informasi Manajemen Dalam Pendidikan. ASCENT: Al-Bahjah Journal of Islamic Education Management, 1(2), 51–60. https://doi.org/10.61553/ascent.v1i2.58
Kotimah, E. K. (2024). Meningkatkan Pendidikan Sains Menjelajahi Dampak Video Animasi Powtoon dalam Instruksi IPA. 1, 5–12.
Kusumawati, F. I., Hidayat, W. N., & Riaji, D. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Interaktif pada Mata Pelajaran Orientasi Dasar PPLG Materi Flowchart. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 124–131. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p124-131
Mistari, N., Rahim, R., Tinggi, S., Manajemen, I., & Kota, S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Penyajian Konten Edukasi untuk ibu hamil. Remik: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(3), 1276–1290. http://doi.org/10.33395/remik.v7i3.12521
Octavia, Y. T., Siahaan, J. M., & Barus, E. (2023). Upaya Percepatan Penurunan Stunting ( Gizi Buruk dan Pola Asuh ) Pada Balita yang Beresiko Stunting. Journal Abdimas Mutiara, 5(1), 131–140.
Prayoga, E. I., & Kristiana, T. (2024). Evaluasi Usability Pada Aplikasi Hrmwincorp Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus). Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4094
Putra, G. R., Forca, A. J., Sardjono, W., & Nursetiaji, O. (2025). Re-Design User Interface ( UI ) Aplikasi Mobile Domino ’ s Pizza Berdasarkan Hasil Analisis User Experience ( UX ) Re-Design User Interface ( UI ) of Domino ’ s Pizza Mobile Application Based on User Experience ( UX ) Analysis Results. JATI: Jurnal Teknologi Informasi, 15, 1–14. https://doi.org/10.34010/jati.v15i1.13657
Radhitya, G. (2025). Perancangan Desain Ui / Ux Website Interaktif Bagi Pengguna Game Online. E-Proceeding of Applied Science, 11(2), 393–401.
Rohman, A. T., & Romli, M. A. (2024). Implementasi Algoritma Base64 Pada Aplikasi Kriptografi Gambar Untuk Keamanan Data Visual Berbasis Mobile Android. TEKNO : Jurnal Penelitian Teknologi Dan Peradilan, 2(2), 1–15. https://doi.org/10.62565/tekno.v2i2.46
Syahputra Rizky bagus, M. (2024). Pembuatan Website Artikel Otomotif Menggunakan Framework Laravel Dan Database Mysql. Jurnal Elektrosista, 15(1), 37–48.
Zahrani, G., Rasyid, S., & Syukur, S. (2024). JEPKM : Dari Kesadaran ke Tindakan : Sosialisasi Pencegahan Stunting Pada Masyarakat Kayuloe Timur , Kabupaten Jeneponto JEPKM : Pendahuluan. 3(2), 87–95.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abid Abid Taufiqur Rohman, Audia Pipit Avika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.