STRATEGI EFEKTIF MENGHADAPI UJIAN SEMESTER PADA MAHASISWA DENGAN TENANG DAN PERCAYA DIRI

Authors

  • Agus Marwanto Akdemi Militer Magelang

DOI:

https://doi.org/10.63824/jmp.v12i2.354

Keywords:

persiapan ujian, ketenangan, percaya diri, strategi belajar, performa mahasiswa

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi efektif mahasiswa dalam mempersiapkan ujian semester dengan menekankan pentingnya ketenangan dan rasa percaya diri. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengacu pada kajian literatur serta pengalaman empiris mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan ujian tidak hanya menuntut penguasaan materi secara kognitif, tetapi juga regulasi emosional dan kesiapan fisik. Ketenangan membantu mahasiswa menjaga fokus dan meminimalkan gangguan kecemasan, sedangkan rasa percaya diri mendorong mahasiswa menghadapi soal ujian tanpa rasa takut atau ragu. Strategi kognitif yang terbukti efektif meliputi penyusunan jadwal belajar, pembuatan ringkasan materi, dan latihan soal. Strategi emosional menitikberatkan pada manajemen stres, penggunaan self-talk positif, serta pencarian dukungan sosial. Sementara itu, strategi fisik mencakup menjaga pola tidur, mengonsumsi makanan bergizi, dan melakukan aktivitas olahraga ringan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan holistik yang mengintegrasikan aspek kognitif, emosional, dan fisik, dengan dukungan ketenangan dan rasa percaya diri, mampu meningkatkan performa akademik mahasiswa secara signifikan.

 

References

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. New York: W.H. Freeman.

Eisenberg, D., Golberstein, E., & Gollust, S. E. (2009). Help-seeking and access to mental health care in a university student population. Medical Care, 47(3), 294–301. https://doi.org/10.1097/MLR.0b013e318190d63b

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York: Springer.

Pintrich, P. R. (2004). A conceptual framework for assessing motivation and self-regulated learning in college students. Educational Psychology Review, 16(4), 385–407. https://doi.org/10.1007/s10648-004-0006-x

Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a self-regulated learner: An overview. Theory Into Practice, 41(2), 64–70. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4102_2

Misra, R., & McKean, M. (2000). College students’ academic stress and its relation to their anxiety, time management, and leisure satisfaction. American Journal of Health Studies, 16(1), 41–51.

Putwain, D. W., & Symes, W. (2018). The role of self-confidence in test performance: A longitudinal perspective. Learning and Individual Differences, 62, 139–145. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2018.02.018

Suldo, S. M., Shaunessy-Dedrick, E., Shaunessy, E., & Ferron, J. (2018). Examining the link between stress, anxiety, and academic performance in high school students. School Psychology International, 39(6), 575–592. https://doi.org/10.1177/0143034318803670-

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Marwanto, A. (2025). STRATEGI EFEKTIF MENGHADAPI UJIAN SEMESTER PADA MAHASISWA DENGAN TENANG DAN PERCAYA DIRI. JURNAL MAHATVAVIRYA, 12(2), 76–83. https://doi.org/10.63824/jmp.v12i2.354

Issue

Section

SEPTEMBER 2025