PERAN DOSEN AKADEMI MILITER DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN NASIONAL TARUNA AKADEMI MILITER: KAJIAN DOKUMEN DAN STANDAR PENDIDIKAN

Authors

  • Muhammad Muchlis Akademi Militer Magelang

DOI:

https://doi.org/10.63824/jmp.v12i2.357

Keywords:

Lecturer, Military Academy, National Resilience, Cadets, Education, Asta Gatra, Tridharma, Curriculum

Abstract

This writing analyzes the role of lecturers at the Military Academy in enhancing national resilience through the education they provide to cadets. Based on a review of documents and applicable educational standards, the role of lecturers at the Military Academy involves teaching, character building, research, and community service. This research aims to identify the contributions of lecturers in preparing cadets as prospective officers who possess integrity, discipline, leadership, and a deep understanding of Indonesia's national resilience. This study employs a document analysis approach to regulations, educational standards, the Military Academy curriculum, and applicable national resilience doctrines. Research results show that the role of lecturers at the Military Academy is crucial in shaping the capacity of cadets to face national resilience challenges through education based on Asta Gatra, as well as preparing them to confront threats to national security and stability.

 

Tulisan ini menganalisis peran dosen Akademi Militer dalam meningkatkan ketahanan nasional melalui pendidikan yang diberikan kepada Taruna. Berdasarkan kajian dokumen dan standar pendidikan yang berlaku, peran dosen di Akademi Militer melibatkan pengajaran, pembinaan karakter, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kontribusi dosen dalam mempersiapkan Taruna sebagai calon perwira yang memiliki integritas, disiplin, kepemimpinan, serta pemahaman yang mendalam tentang ketahanan nasional Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis dokumen terhadap regulasi, standar pendidikan, kurikulum Akademi Militer, dan doktrin ketahanan nasional yang berlaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dosen Akademi Militer sangat penting dalam membentuk kapasitas Taruna untuk menghadapi tantangan ketahanan nasional melalui pendidikan yang berbasis pada Asta Gatra, serta mempersiapkan mereka dalam menghadapi ancaman terhadap keamanan dan kestabilan nasional.

References

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Akademi Militer, Kurikulum Pendidikan Akademi Militer (KURDIK AKMIL).

Akademi Militer, Standar Mutu Akademi Militer TA 2024.

Akademi Militer, Standar Pendidikan Akademi Militer.

Lemhannas RI, Dimensi Ketahanan Nasional (Asta Gatra) dan Penguatan SDM.

Lemhannas RI, Astagatra sebagai model pemetaan sistem kehidupan nasional.

TNI AD, Doktrin TNI AD (Kartika Eka Paksi)—nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI.

Undang-Undang No. 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Muchlis. (2025). PERAN DOSEN AKADEMI MILITER DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN NASIONAL TARUNA AKADEMI MILITER: KAJIAN DOKUMEN DAN STANDAR PENDIDIKAN. JURNAL MAHATVAVIRYA, 12(2), 139–143. https://doi.org/10.63824/jmp.v12i2.357

Issue

Section

SEPTEMBER 2025