PELATIHAN PEMBUATAN PAKET HANTARAN LAMARAN DALAM PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DI DS.GANDON KEC.KALORAN KAB.TEMANGGUNG

Authors

  • Natalina Kristiani Akademi Militer
  • Titiek Herawati Akademi Militer Magelang

Keywords:

Pelatihan, Paket hantaran, Ekonomi

Abstract

Pelatihan keterampilan dasar adalah salah satu program berbasis pemberdayaan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat sebagai bekal usaha bekerja dan kesejahteraan masyarakat, karena dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga masing-masing warga. Sehingga kemiskinan sangat tidak akan meningkat, demikian juga yang menjadi keinginan pemerintah untuk memberantasnya, dengan usaha mengadakan pelatihan–pelatihan kepada masyarakat agar dapat menambah pengetahuan dan mempraktikkan dalam kelompok PKK bahkan pada keluarganya. Seperti yang terjadi di Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung, dimana Desa Gandon Kecamatan Kaloran mayoritas penduduknya bekerja sebagai buruh tani (hanya mengerjakan lahan orang) dan petani. Desa Gandon Kecamatan Kaloran merupakan salah satu daerah yang masih  memerlukan beberapa pelatihan, sosialisasi dan bantuan modal usaha. Kegiatan pelatihan di Desa Gandon oleh tim pengabdian masyarakat Prodi Manajemen Pertahanan dari Akmil, memberikan beberapa pelatihan salah satunya adalah pelatihan membuat hantaran lamaran, hal tersebut menjadi pilihan, karena pada umumnya tradisi di daerah pada saat menikahkan anaknya,  sebelum memasuki acara pernikahan wajib menyerahkan ”Hantaran” dari pihak laki-laki, pada umumnya terdiri dari; seperangkat busana, perlengkapan mandi, seperangkat alat sholat dan perlengkapan make-up. Paket hantaran tersebut di Desa Gandon belum ada yang menjual/membuat, harganyapun sangat mahal.

References

Edi Suharto, 2009, Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Bandung:

Refika Adhitama.

Henry Simamora, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia, Publisher, Yogyakarta

Bagian Penerbitan STIE YPKN, 2004,Edisi‎: ‎Ed. 3, Cet. 1.

Silitonga, F., Siswanto, D. J., Kristiani, N., Lufti, A., Baidlowi, M., Prapsetyo, A., & Supriyono, T. (2023). Pendampingan Dan Pelatihan Manajemen Publikasi Penelitian Dan Pengabdian Berbasis Open Journal System Di Akademi Militer Magelang. Jurnal Nagara Bhakti, 1(2), 84-98.

Majdi, 2007. Potensi & daya yang dikembangkan lagi menjadi bentuk yang lebih besar. Pustaka Quantum, Jakarta

Nana Sudjana, 2000. Ketrampilan fisik dan ketrampilan intelektual. Bandung:

Refika Adhitama.

Neolaka, A.2008. Kesadaran Lingkungan. Jakarta ; Rineka Cipta

Tri Winasis, 2015, Ekonomi Kreatif, Yogyakarta: Gava Media.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Natalina Kristiani, & Titiek Herawati. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN PAKET HANTARAN LAMARAN DALAM PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DI DS.GANDON KEC.KALORAN KAB.TEMANGGUNG. JURNAL NAGARA BHAKTI, 2(1), 8–16. Retrieved from https://ojs.akmil.ac.id/index.php/nagarabhakti/article/view/109

Issue

Section

AGUSTUS 2023