ANALISIS PERBANDINGAN PENGUKURAN JARAK MENGGUNAKAN THEODOLITE DAN WATERPASS PADA MEDAN MIRING (SLOPE) DI AKMIL

Authors

  • Aditiawan Wisnu Susilo Putra Prodi Teknik Sipil Pertahanan Kordos Akmil
  • Luluk Kristanto Akademi Militer Magelang
  • Anung Nugroho Akademi Militer Magelang
  • Nur Asnah Akademi Militer Magelang
  • Arifianto Akademi Militer Magelang

Keywords:

Pengukuran Jarak Vertikal, Theodolite, Waterpass.

Abstract

Pelaksanaan tugas pokok dan fungsi satuan Zeni dan Topografi TNI AD di lapangan khususnya dalam mendukung penyelesaian tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) seperti pemetaan lahan, salah satunya diperlukan metode pengukuran efisien dengan kapasitas alat sesuai kondisi lapangan penugasan. Lokasi penelitian terletak di Area Gedung M. Lily Rochly Akmil menggunakan referensi pengujian metode Waterpassing yang dilakukan pada ring 1-2-3 dengan titik pangkal BM dan ujung titik pangkal yang sama. Ketelitian perhitungan dilakukan dengan perataan kuadrat terkecil untuk mendapatkan standar deviasi alat Theodolite KT 440LR Series dan Waterpass Topcon B2. Hasil pengukuran jarak vertikal (beda tinggi) dari Waterpass memiliki ketelitian lebih baik daripada Theodolite, dimana kesalahan penutup tinggi Waterpass yakni 4 mm (ring 1), 9 mm (ring 2) dan 10 mm (ring 3). Sementara pada Theodolite yakni 7 mm (ring 1), 11 mm (ring 2) dan 14 mm (ring 3). Pada Waterpass standard deviasi adalah 0,02 mm, sedangkan standard deviasi pada Theodolite yakni 0,03 mm. Waktu pengukuran Theodolite terbukti lebih efisien dibandingkan dengan Waterpass, dimana waktu pengukurannya 1/3 kali lebih pendek dari waktu pengukuran alat Waterpass.

References

Mulyani, A.S. dan Tampubolon, S.P., 2021. Studi Perbandingan Analisa Ketelitian Tinggi Menggunakan Total Station dan Sipat Datar. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran, dan Ilmu Kesehatan Vol. 5, No. 2, Oktober 2021: 259-268.

Parasu, B. 2023. Perbandingan Ketelitian Elevasi Antara Total Station dan Waterpass Dalam Pengukuran Situasi di Irigasi Sungai Sekunder Kedunggede Bekasi, Fakultas Teknik Universitas Lampung. Bandar lampung.

Prasidya, A.S. dan Riyadi, G., 2018. Kajian Ketelitian Pengukuran Kerangka Kontrol Vertikal Menggunakan Total Station Akurasi Sudut 1” dan 5”. Elipsoida: Jurnal Geodesi dan Geomatika, 1(02): 71-78.

Slamet, B., 2016. Ilmu Ukur Tanah, Edisi Revisi. Universitas Gadjah Mada Press. Yogyakarta.

Siswanto, D. J., & Silitonga, F. (2023). Budaya Mutu Sebagai Refleksi Dari PPEPP DAN EPP Di Akademi Militer Magelang. Jurnal Mahatvavirya, 10(1), 53-70

Syaifullah, A., Wahyono, E.B., dan Susmiyanto, A., 2018. Ilmu Ukur Tanah. Modul Pelatihan Bidang Survey dan Pemetaan. Kementrian ATR/BPN: Jakarta.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Aditiawan Wisnu Susilo Putra, Luluk Kristanto, Anung Nugroho, Nur Asnah, & Arifianto. (2024). ANALISIS PERBANDINGAN PENGUKURAN JARAK MENGGUNAKAN THEODOLITE DAN WATERPASS PADA MEDAN MIRING (SLOPE) DI AKMIL. JURNAL TEKNIK SIPIL PERTAHANAN, 11(1), 30–35. Retrieved from https://ojs.akmil.ac.id/index.php/tekniksipilpertahanan/article/view/155

Issue

Section

VOL.11. NO.1. JANUARI 2024