PENGARUH SIKAP DISIPLIN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH MATEMATIKA DI AKADEMI MILITER

Authors

  • Nur Asnah Prodi Teknik Sipil Pertahanan Kordos Akmil
  • Budi Mawardi Syam Prodi Teknik Sipil Pertahanan Kordos Akmil
  • Frangky Silitonga Politeknik Pariwisata Batam

Keywords:

Sikap, Disiplin, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap disiplin terhadap hasil belajar mata kuliah matematika  taruna Tk. II Akademi militer di Magelang Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh  Taruna  Tk. II Akademi Militer. Jumlah Sampel sebanyak 82 taruna yang diambil secara acak.  Variabel dalam penelitian ini adalah sikap disiplin variabel bebas dan hasil belajar mata kuliah sebagai variabel terikat. Data sikap disiplin dilakukan melalui pengamatan, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari nilai ujian Akhir Semester. Sumber data menggunakan data sekunder analisis yang digunakan adalah uji linearitas, analisis regresi linear, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis regresi linear menghasilkan persamaan regresi linear sederhana yaitu     Y = – 85,726 + 1, 82 X.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap disiplin berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mata kuliah matematika.  Sebagai implikasi dari hasil penelitian ini  bahwa dengan adanya sikap disiplin yang baik dalam proses belajar mengajar pada mata kuliah mamatika dapat membuat hasil belajar dari mata kuliah matematika menghasilkan  nilai yang baik pula. Dengan adanya sikap disiplin taruna baik, selain dapat menghasilkan nilai yang baik, dapat pula membuat  taruna berfikir logis dalam mengambil suatu keputusan.

Downloads

Published

2023-01-16

How to Cite

Nur Asnah, Budi Mawardi Syam, & Silitonga, F. (2023). PENGARUH SIKAP DISIPLIN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH MATEMATIKA DI AKADEMI MILITER . JURNAL TEKNIK SIPIL PERTAHANAN, 10(1), 53–59. Retrieved from https://ojs.akmil.ac.id/index.php/tekniksipilpertahanan/article/view/40

Issue

Section

VOL.10.NO.1. JANUARI 2023